Yenny Wahid Tolak Maju Pilgub Jatim Sebab Tak Diizinkan Para Sesepuh NU,Prabowo sedih

"Kami keluarga Gus Dur meyakini punya tugas sejarah untuk menjaga bangsa ini dan memastikan keluarga NU tidak pecah," kata Yenny...

Yenny Wahid usai bertemu Ketua Umum Prabowo Subianto di kediaman Prabowo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (3/1/2018).
"Kami keluarga Gus Dur meyakini punya tugas sejarah untuk menjaga bangsa ini dan memastikan keluarga NU tidak pecah," kata Yenny Wahid.

Putri Presiden keempat Indonesia Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Zannuba Arrifah Chafsoh atau akrab disapa Yenny Wahid, tidak diizinkan keluarga Nadhlatul Ulama (NU) maju sebagai bakal calon gubernur atau wakil gubernur di Pilgub Jatim 2018.

Ketiadaan izin tersebut diungkapkan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto usai menerima kunjungan Yenny, Rabu (3/1/2018). Yenny sebelumnya mendapatkan tawaran dari Prabowo untuk menjadi bakal Calon Gubernur di Pilgub Jatim yang akan didukung oleh Partai Gerindra.

"Kami hormati keputusan keluarga Gus Dur, NU, dan kami yakin beliau akan terus berperan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," kata Prabowo di kediamannya, Jakarta Selatan.

Prabowo mengaku sedih atas keputusan tersebut, namun ia menghormati pilihan Yenny. "Dengan sedih saya menerima dan menghormati, tapi ya mau diapakan lagi," katanya sambil tertawa.

Sementara Yenny mengaku sempat memikirkan tawaran menjadi bakal cagub di Pilkada 2018 Jawa Timur. Namun, setelah berdialog dengan sesepuh NU dan keluarga besar Gus Dur, ia memastikan tak ikut kontestasi Pilkada.

Menurut Yenny, Keluarga Gus Dur memiliki tugas sejarah menjaga kesatuan NU. Karena alasan itu, ia tak diizinkan ikut dalam Pilkada tahun ini.

"Kami keluarga Gus Dur meyakini punya tugas sejarah untuk menjaga bangsa ini dan memastikan keluarga NU tidak pecah. Oleh karena itu kami tak boleh ikut masuk dalam kontestasi yang sedang berlangsung," kata Yenny.

Pilgub Jatim 2018 memang akan menjadi ajang pertarungan antara dua kandidat kuat yang sama-sama berasal dari kalangan NU. Keduanya ialah Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Khofifah Indar Parawansa. Gus Ipul, yang kini menjabat Wakil Gubernur Jatim, tercatat merupakan salah satu ketua PBNU dan mantan Ketua Umum GP Ansor. Sementara Khofifah, kini merupakan Ketua Umum Muslimat NU.

Sementara Gerindra, Pada Pilgub Jatim 2018, hendak berkoalisi dengan PKS dan PAN. Jika melihat raihan kursi di DPRD Provinsi Jawa Timur, Gerindra memiliki 13 kursi perwakilan. Sementara itu, PAN memiliki 7 kursi dan PKS 6 kursi di DPRD Jatim. Bila ditotal, semuanya berjumlah 26 kursi dan memenuhi persyaratan 20 persen suara atau setara 20 kursi untuk mencalonkan cagub dan cawagub di Jatim.

Gerindra sebelumnya sempat memberi mandat kepada La Nyalla Mattaliti untuk menjadi bakal cagub di Pilkada, dengan syarat menjalin komunikasi dengan PAN. Hingga batas waktu yang ditetapkan, komunikasi belum membuahkan hasil. La Nyalla kemudian mengembalikan mandat ke DPP Gerindra.

Selang beberapa hari usai pengembalian mandat, Gerindra memunculkan nama Moreno Suprapto buat menjadi Cagub Jatim di Pilgub 2018. Moreno diusung lantaran mewakili generasi milenial dan memiliki darah turunan Jawa Timur.

Belakangan, nama Moreno kemudian dipertimbangkan ulang setelah Gerindra mencapai kesepakatan dengan PKS dan PAN untuk berkoalisi di sejumlah daerah. 

sementara menghadapi keputusan tersebut, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengaku sedih lantaran tawarannya tak diterima putri Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid, Yenny Wahid.

Prabowo sebelumnya sempat menawari Yenny untuk maju sebagai calon gubernur Jawa Timur pada Pilkada Jatim 2018.

"Dengan sedih saya menerima dan menghormati, tapi ya mau diapakan lagi," kata Prabowo di kediamannya di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (3/1/2018).

Namun, Prabowo menghormati keputusan Yenny yang tentunya telah mendapat masukan dari keluarga besar Gus Dur. Prabowo meyakini Yenny akan tetap berkarya bagi masyarakat meski tak menjadi calon gubernur.

Ia menambahkan, Yenny merupakan kader bangsa yang berkualitas dan berwawasan luas sehingga mampu memberi sumbangan berharga kepada Indonesia ke depan.

"Beliau (Yenny Wahid) datang hari ini dan menyampaikan bahwa beliau tak diizinkan maju oleh keluarga," kata Prabowo.

"Kami hormati keputusan keluarga Gus Dur, NU, dan kami yakin beliau akan terus berperan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," ujar mantan Komandan Jenderal Kopassus itu.

(tirto.id - nasional.kompas.com)
Nama

artikel,57,astronomi,4,Berita,190,budaya,6,ekonomi,3,fashion,3,gosip,4,hukum,8,inspiratif,7,Internasional,13,islam,21,kesehatan,5,militer,4,nasional,10,olahraga,1,opini,10,Politik,35,populer,6,sejarah,7,selebriti,3,seni,3,spiritual,6,Tausiah,5,tekno,2,tips,3,Unik,6,wanita,1,
ltr
item
Lensa News: Yenny Wahid Tolak Maju Pilgub Jatim Sebab Tak Diizinkan Para Sesepuh NU,Prabowo sedih
Yenny Wahid Tolak Maju Pilgub Jatim Sebab Tak Diizinkan Para Sesepuh NU,Prabowo sedih
http://assets.kompas.com/crop/129x38:902x553/750x500/data/photo/2018/01/03/4241587119.jpg
Lensa News
http://lensa-nws.blogspot.com/2018/01/yenny-wahid-tolak-maju-pilgub-jatim.html
http://lensa-nws.blogspot.com/
http://lensa-nws.blogspot.com/
http://lensa-nws.blogspot.com/2018/01/yenny-wahid-tolak-maju-pilgub-jatim.html
true
7788556715240787709
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy