Penggusuran Rawajati Ilegal,Komentar Anggota DPR DKI

Lensa News,Jakarta  - Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta, Syarif, menilai penggusuran yang dilakukan Pemerintah Kota Jakarta Selatan terhad...

Lensa News,Jakarta - Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta, Syarif, menilai penggusuran yang dilakukan Pemerintah Kota Jakarta Selatan terhadap permukiman RT 09 RW 04 Rawajati, Pancoran, Jakarta Selatan, adalah ilegal. Penggusuran tersebut dianggap tidak memiliki penanggung jawab di lapangan. 

"Tadi saya sempat minta surat izin penggusuran, ternyata mereka tidak bawa," katanya di Rawajati, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis, 1 September 2016.

Syarif menuturkan penggusuran itu juga menyebabkan ratusan jiwa dari 60 kepala keluarga terbengkalai. Menurut dia, apa yang dilakukan pemerintah terkesan mendadak. "Saya tadi sempat tanya kepada Lurah Rawajati dan Camat Pancoran, tapi mereka tidak menjawab, malah lari," ujarnya.

Penggusuran yang dilakukan saat ini juga minim antisipasi. Apalagi saat terjadi bentrok antara warga Rawajati dan Satuan Polisi Pamong Praja sebelum penggusuran. "Korban yang terjatuh dibiarkan begitu saja oleh Satpol PP, tak diobati," tuturnya.


 Puluhan pemukiman warga RT 09 RW 04 Kelurahan Rawajati Pancoran Jakarta Selatan ditertibkan oleh Pemerintah Kota Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel). Sekitar 300 personel dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) diterjunkan dalam penertiban warga Rawajati ini. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengaku penggusuran tersebut merupakan ujian bagi wali kota Jaksel.

Dari hasil pantauan , saat Satpol PP hendak masuk ke dalam pemukiman warga Rawajati, aparat juga diadang oleh ratusan warga yang menolak penertiban ini. Namun Ahok mengaku sama sekali tidak mengetahui hal ini.

“Saya nggak tau. Makanya tes saja, wali kotanya beres nggak. Masak semua mesti saya,” katanya ditemui di Balai Kota, Kamis (1/9).
Ahok mengaku telah mendapatkan informasi bahwa sosialisasi telah dilakukan sehingga memberi izin penggusuran.

“Rawajati tanya sama wali kota. Mereka lagi, katanya DPRD semua sudah tahu. Ya sudah sosialisasi jelas, saya bilang kerjakan saja,” ujar Ahok.
Ahok mengatakan, Pemkot Jaksel ingin mengembalikan fungsi lahan agar tidak terjadi kemacetan dan membuat Ruang Terbuka Hijau (RTH). Orang nomor satu di DKI Jakarta ini mempersilakan rencana pembangunan tersebut dan sebagai sebuah ujian apakah wali kota Jaksel dapat bekerja dengan baik atau tidak.

Selain itu, sebagian dari mereka direlokasikan ke Pasar Jaya yang berbentuk seperti rusun untuk menolong warga yang tidak memiliki usaha.

“Kalau kamu dagang, otomatis. Sama juga kayak waktu kamu mau dagang, mau digeser ke rusun kamu langsung dapat kios. Kecuali kamu yang belum pernah, ya diundi. Sebetulnya sederhana, semuakan inkubator sebetulnya. Kita kan niatnya nolong,” ujar Ahok.
Berdasarkan pantauan, warga Rawajati sempat melakukan zikir bersama di jalan sebelum mereka didorong mundur ratusan anggota Satpol PP. Sempat pula terjadi keributan dan lempar-lemparan botol air minum antara warga Rawajati dan Satpol PP. 

Sekitar 300 personel Satpol PP diterjunkan untuk menertibkan permukiman yang berdiri di samping rel kereta api Duren Kalibata tersebut. Saat terjadi bentrok, tiga orang terluka terkena lemparan botol dan dorongan Satpol PP.

Sebelumnya, pada 2015, Pemerintah Kota Jakarta Selatan telah mengeluarkan surat peringatan kepada warga Rawajati RT 09 RW 04 untuk mengosongkan rumah mereka. Permukiman mereka akan digusur oleh pemerintah lantaran lahan yang ditempati merupakan tanah negara yang akan dijadikan ruang terbuka hijau (RTH).

sumber:republika
tempo.co



Nama

artikel,57,astronomi,4,Berita,190,budaya,6,ekonomi,3,fashion,3,gosip,4,hukum,8,inspiratif,7,Internasional,13,islam,21,kesehatan,5,militer,4,nasional,10,olahraga,1,opini,10,Politik,35,populer,6,sejarah,7,selebriti,3,seni,3,spiritual,6,Tausiah,5,tekno,2,tips,3,Unik,6,wanita,1,
ltr
item
Lensa News: Penggusuran Rawajati Ilegal,Komentar Anggota DPR DKI
Penggusuran Rawajati Ilegal,Komentar Anggota DPR DKI
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgQs7XIBbVAO1hg7qCcOH7bcrb243YJRS_WHmXbhURs11ymjJgusOq-cVEVN0zNBzLz7Twx9u-boZWk4bS4BXA0bdPaesNUD1oO6s5prt3v9M6SyFaziDK7U-osM0z7MMy5tFcwMu_zwX_F/s320/penggusuran-rumah-warga-di-rawajati-kalibata-kamis-1-9-_160901084900-655.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgQs7XIBbVAO1hg7qCcOH7bcrb243YJRS_WHmXbhURs11ymjJgusOq-cVEVN0zNBzLz7Twx9u-boZWk4bS4BXA0bdPaesNUD1oO6s5prt3v9M6SyFaziDK7U-osM0z7MMy5tFcwMu_zwX_F/s72-c/penggusuran-rumah-warga-di-rawajati-kalibata-kamis-1-9-_160901084900-655.jpg
Lensa News
http://lensa-nws.blogspot.com/2016/08/penggusuran-rawajati-ilegalkomentar.html
http://lensa-nws.blogspot.com/
http://lensa-nws.blogspot.com/
http://lensa-nws.blogspot.com/2016/08/penggusuran-rawajati-ilegalkomentar.html
true
7788556715240787709
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy